Pilihan Program Keahlian

A. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TJKT)

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (disingkat TJKT) merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras.

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan kompetensi keahlian teknik komputer, dan jaringan antara lain:

  • Penyedia jasa layanan internet
  • Jaringan nirkabel
  • Administrator server
  • Integrator computer
  • Integrator VOIP
  • Administrator Linux
  • Integrator dan administrator jaringan
  • Administrator web

B. TEKNIK OTOMOTIF (TO)

Program Keahlian Teknik Otomotif (TO) siap membekali siswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif). Program Keahlian Teknik Otomotif di SMKN 9 Kabupaten Tangerang fokus pada Konsentrasi Keahlian Teknis Sepeda Motor (TSM)Dalam pembelajarannya dibagi menjadi perancangan, pengembangan, produksi, dan perawatan otomotif. Jurusan ini membekali siswa dengan potensi untuk mengembangkan dan memadukan kegiatan/praktek dengan teori keteknikan.

C. MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS (MPLB)

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) adalah salah satu program keahlian di SMK yang memfokuskan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran dan layanan bisnis. Program ini dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai bidang, baik di sektor formal maupun informal.

Program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) yang dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai bidang, baik di sektor formal maupun informal. Lulusan MPLB memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang, seperti perkantoran, perusahaan, lembaga pemerintahan, dan lain sebagainya.

D. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)

Jurusan DKV adalah jurusan Desain Komunikasi Visual yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini memberikan pendidikan dan pelatihan kepada siswa tentang konsep dan teknik desain grafis, termasuk tipografi, ilustrasi, fotografi, animasi dan sebagainya.

Tujuan dari jurusan DKV adalah untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap bekerja sebagai desainer grafis atau berkarir di bidang kreatif lainnya. Selama proses belajar, kamu akan belajar menggunakan software desain grafis dan juga dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif serta berkolaborasi dalam tim.

Jurusan DKV di SMK merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni dan desain grafis. Dengan memilih jurusan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk mengembangkan karier di bidang desain grafis.

E. TEKNOLOGI FARMASI (TF)

Teknologi Farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini kita akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Pastinya disini kita akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Konsentrasi keahlian Jurusan Teknologi Farmasi di SMKN 9 Kabupaten Tangerang adalah Farmasi Klinis & Komunitas yang mempelajari tentang kefarmasian pada pelayanan farmasi di sarana fasilitas pelayanan kesehatan yang meliputi pelayanan resep baik di apotek, klinik, maupun rumah sakit, pelayanan obat bebas dan obat bebas terbatas, administrasi farmasi, Farmakognosi, Farmakologi, dan Kimia Farmasi Analisis. Konsentrasi keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas diharapkan dapat menghasilkan tenaga Asisten Tenaga Kefarmasian yang dalam pekerjaan utamanya dapat membantu Asisten Apoteker atau Apoteker yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

F. LAYANAN KESEHATAN (LK)

Jurusan Layanan Kesehatan di SMK memberikan siswa keterampilan dan pengetahuan praktis di bidang kesehatan. Siswa akan mempelajari berbagai aspek layanan kesehatan, seperti pengetahuan medis dasar, keterampilan pelayanan pasien, hingga prinsip dan praktik higiene dan sanitasi.

Pelajaran dapat mencakup topik seperti anatomia dan fisiologi manusia, dasar-dasar farmakologi, gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, dan lainnya. Selain itu, siswa juga akan dilatih dalam keterampilan komunikasi, etika profesional, penanganan stres, mampu mempelajari tumbuh kembang pada manusia dan keterampilan komunikasi sesuai dengan usia yang semuanya penting dalam bidang kesehatan.

Lulusan SMK jurusan Layanan Kesehatan memiliki berbagai pilihan karir di bidang kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Asisten Medis
  • Pekerja Kesehatan Masyarakat
  • Asisten Laboratorium Medis
  • Asisten Kesehatan Lingkungan

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *