• SMKN 9 KABUPATEN TANGERANG
  • SMK Bisa SMK Hebat

KOMPETENSI KEAHLIAN

1. Teknik Bisnis Sepeda Motor

 

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan maupun pribadi (wirausaha).

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

 

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN KEAHLIAN TEKNIK DAN BISINIS SEPEDA MOTOR

Secara khusus tujuan kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yaitu :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik,
  2. Mendidik peserta diklat agar menjadi warga negara yang bertanggungjawab,
  3. Mendidik peserta diklat agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni,
  4. Mendidik peserta diklat dengan keahlian dan keterampilan agar kompeten dalam bidang keahlian teknik sepeda motor, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah,
  5. Mendidik peserta diklat agar mampu memilih karier, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional,
  6. Membekali peserta diklat dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas

 

Kompetensi yang diajarkan di Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Loa Kulu meliputi :

1. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

  • Memahami dasar-dasar mesin
  • Memahami proses-proses dasar otomotif
  • Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi
  • Menginterpretasikan gambar teknik
  • Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja
  • Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)
  • Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja

 

2 KOMPETENSI KEJURUAN

  • Melakukan perbaikan sistem hidrolik sepeda motor
  • Memperbaiki sistem gas buang
  • Memelihara baterai
  • Melaksanakan overhaul kepala silinder
  • Melakukan overhaulsistem pendingin berikut komponen-komponennya
  • Melakukan perbaikan sistem bahan bakar sepeda motor
  • Melakukan perbaikan enginesepeda motor berikut komponen-komponennya
  • Melakukan perbaikan unit kopling sepeda motor berikut komponen-komponen sistem pengoperasiannya
  • Melakukan perbaikan sistem transmisi manual
  • Melakukan perbaikan sistem transmisi otomatis
  • Melakukan perbaikan sistem rem
  • Melakukan perbaikan sistem suspensi
  • Melaksanakan pekerjaan servis pada roda, ban, dan rantai
  • Melakukan perbaikan ringan pada rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen
  • Melakukan perbaikan sistem starter
  • Melakukan perbaikan sistem pengisian
  • Melakukan perbaikan sistem pengapian

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor antara lain :

  • Teknisi atau Mekanik pada Bengkel Sepeda Motor
  • Teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri Sepeda Motor.
  • Wirausahawan dalam bidang Otomotif (Bengkel Sepeda Motor)

(Sumber : www.smkmuhammadiyahloakulu.sch.id)

2. Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi. Siswa jurusan TKJ dididik untuk mampu melakukan installasi jaringan komputer, baik itu jaringan komputer dalam rumah / kantor, antar kantor, antar kota, antar provinsi, bahkan antar negara.

Dalam sebuah perusahaan, jaringan komputer merupakan hal yang wajib. Setiap komputer yang berada di kantor harus bisa terhubung dengan komputer lainnya. Selain itu setiap komputer juga harus terhubung ke internet untuk mengumpulkan informasi.

Jika sebuah perusahaan memiliki kantor cabang, maka antara kantor pusat dan kantor cabang juga harus saling terhubung, hal ini dikarenakan banyak sekali komunikasi yang perlu dilakukan antara kantor pusat dan kantor cabang.

Materi yang dipelajari Siswa TKJ

Dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia akan jaringan komputer terus meningkat. Setiap orang menuntut untuk bisa terhubung dengan orang lain walau terhalangi oleh jarak yang ratusan atau bahkan ribuan kilo. Setiap orang menuntut untuk dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat.

Dengan segala tuntutan tentang jaringan komputer tersebut, siswa TKJ harus dibekali dengan meteri-materi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sehingga siswa lulusan TKJ memiliki skill untuk memenuhi segala tuntutan jaringan komputer di masa depan.

Materi yang akan dipelajari oleh siswa jurusan TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Cisco

Mikrotik

Wireless

Prospek Kerja Siswa TKJ

Untuk saat ini, prospek kerja untuk siswa TKJ sangatlah besar, karena saat ini dunia internet berkembang dengan pesat dan internet dibangun oleh Network Engineer (Siswa TKJ). Beberapa gambaran prospek kerja sisa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Network Designer

Network Engineer

Network Operating Center

 

(Source : https://idn.sch.id/smk-tkj/)

3. Multimedia

Ruang lingkup pembelajaran jurusan multimedia di SMK menurut struktur kurikulum KTSP 2006 adalah mencakup Teknik Penyiaran Dan Produksi Program TV, Film, Radio, Alur Produksi Broadcast, Animasi Komputer, Blog, Etimologi Multimedia, Animasi Komputer, Broadcast  news, Kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, Lensa, Teknologi Lensa, Major graphic file formats, Menulis Program TV, Membuat Narasi, Pengenalan Multimedia, Adobe Premiere Pro (Menyunting Video), Pengantar Multimedia, Teks, Gambar dan Grafis, Suara dan Audio, Video, Animation, Web Design, Storage Media, Setup dan Pengoperasian Video Dasar, dan Menyunting Suara.
 
Peluang pekerjaan bagi lulusan jurusan multimedia juga sangat terbuka lebar karena saat ini Indonesia menghadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang membutuhkan ahli- ahli teknologi khususnya dalam bidang komputer dan multimedia. Sesuai dengan standar bidang teknologi dan informatika jurusan multimedia, pekerjaan yang relevan atau sesuai dengan jurusan multimedia adalah  meliputi :
 
  1. Pengembang Web (Web Development) terdiri dari Pembuat Web dan Pemelihara Web.
  2. Pengembang Multimedia (Multimedia Development) terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia
  3. Pengembang Permainan (Game Development) terdiri dari Pembuat permainan (games) dan Pembuat media simulasi ( simulator)
  4. Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) terdiri dari Pembuat video klip dan Penyunting video
  5. Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) terdiri dari Pembuat animasi dan Pembuat media informasi

(Sumber : http://www.ahzaa.net)

4. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Kompetensi yang diberikan bagi peserta didik diantaranya pengetahuan dan keteramilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, kemampuan bahasa inggris, dan lain-lain. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Administrasi Perkantoran diharapkan dapat menghasilkan pekerja yang bertanggung jawab dalam mengatur aktifitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan.

Dilapangan profesi administrasi seperti sekretaris, staf administrasi bahkan resepsionis identik dengan perempuan. Bahkan ketika di sekolahpun, biasanya peserta didik didominasi oleh perempuan. Hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk belajar dan bekerja di bidang administrasi.

 

(Sumber : http://otekape.blogspot.com )

5. Asisten Keperawatan 

Jurusan Asisten Keperawatan adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Asisten Keperawatan perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?. Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Asisten Keperawatan ini kamu bakalan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan keperawatan, ini tidak terlepas dari kesehatan manusia yang memang sangat utama dan tentunya harus teliti, hati-hati dan penuh kesabaran. Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan merupakan hal yang harus dikuasai, kamu harus mampu melakukan tindakan keperawatan untuk kebutuhan dasar manusia.

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Asisten Keperawatan ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan pemasaran secara online (daring), oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk memiliki Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat melakukan komunikasi keperawatan serta memahami Anatomi Fisiologi.

Lulusan jurusan Asisten Keperawatan bisa bekerja di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, perusahaan, perkantoran dan instansi kesehatan lainya.  Peluang kerja jurusan Asisten Keperawatan ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Asisten Keperawatan juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Asisten Keperawatan ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, dan jurusan kesehatan lainya. Dasar dasar ilmu Asisten Keperawatan sudah kamu pelajari sewaktu di SMK.

(Sumber : http://www.wasito.info)

6. Farmasi Klinis dan Komunitas

Apa itu Farmasi Klinis dan Komunitas?

Farmasi Klinik dan Komunitas kamu juga akan mempelajari tentang obat-obatan, namun lebih menitikberatkan pada kegiatan pelayanan kefarmasian. Pelajaran mengenai farmasi tetap akan didapatkan, namun ditambah dengan pengetahuan tentang pemberian pelayanan kesehaatan berkaaitan dengan obat-obatan.

Program Pendidikan: 3 tahun

 

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Indonesia membutuhkan ahli di bidang Farmasi Klinik dan Komunitas agar dapat memperbaiki praktik pelayanan kefarmasian Indonesia yang belum sempurna, karena seperti yang kita ketahui, masih banyak permasalahan terkait penggunaan produk farmasi. Seorang ahli Farmasi dan Komunitas dapat memberikan penyuluhan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini, karena nggak hanya mereka paham mengenai seluk-beluk obat-obatantapi juga mengerti bagaimana melakukan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kefarmasian.

 

(Sumber : https://www.youthmanual.com )

Komentar

ilmu keahlian sekarang diperlukan sebanyak banyaknya agar sdm kita bisa mengikuti kebutuhan pasar indrustri, agar kita tidak perlu lagi impor tenaga kerja karena kita punya tenaga kerja yang unggul sesuai kebutuhan.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profill Guru

11/07/2019 17:16 WIB - Administrator
DENAH

11/07/2019 17:12 WIB - Administrator
Sarana

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana merupakan pejabat yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam dalam memimpin, merencanakan,

13/06/2019 17:11 WIB - Administrator
Humas

Humas (hubungan masyarakat) SMK Negeri 9 Kab. Tangerang bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam bidang kerja sama industri, perguruan tinggi, dan masyarakat / stakeholder.. Tang

13/06/2019 17:10 WIB - Administrator
Kesiswaan

Tugas Pokok Dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan   Tugas Dan Tanggung Jawab Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam bidang kesiswaan dan bertugas menyusun program

13/06/2019 17:10 WIB - Administrator